Olah Kacang Edamame Sampai Habis! Really Zero Waste

Hari ini mau ngebahas tentang salah satu contoh buah yang kaya khasiat dan dari sekali panen, hasil pengolahannya bisa mendapat dua kali manfaat. Yap, kacang edamame.

Kacang Edamame atau Kacang Kedelai?

Edamame adalah salah satu varietas dari jenis Glycin max (L.) jadi jangan heran kalau dari luar masih banyak yang belum bisa membedakan antara kacang kedelai dan kacang edamame. Kacang edamame sendiri terkenal dengan sebutan kedelai Jepang. Sub varietas dari edamame sendiri juga sangat banyak. Yang saya paling suka dari edamame karena khasiatnya yang diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain warna bijinya yg hijau muda, rasanya yang manis gurih juga membuat sedap di lidah.

Morfologi luar

Pernah suatu cerita, ada teman saya, petani edamame di Sariwangi Bandung Barat membawakan hasil panen edamame ke rumah. Kemudian saya bagi-bagi ke tetangga terdekat. Tentu saja, karena awam, kita akan beranggapan bahwa kacang tersebut adalah kacang kedelai atau disini disebut dengan kacang buluh. Padahal kita bisa cek warna biji nya, jika kacang kedelai berwana coklat muda/ krem kuning sedangkan kacang edamame berwarna hijau muda. Meski dikenal edamame tumbuh di datraan rendah, kini sudah banyak metode dan teknik agar tanaman dataran rendah pun bisa tumbuh subur di dataran tinggi.

Olah Edamame menjadi Minuman

Kacang edamame terkadang juga kita temukan di pasar tradisional. Meskipun dari luar nampak tidak terlalu indah, biasanya di bagian dalamnya tetap cantik dan hijau mulus. Jadi kita bisa manfaatkan bagian dalamnya. Lalu bagimana dengan kulit kacangnya? Tenang saja, bisa kita satukan dengan sampah organik dapur yang lainnya dan kita jadikan kompos.

Kita olah kacang edamame menjadi susu edamame. Ini juga saya terinspirasi karna waktu itu pas hamil anak pertama, suka banget liat warna hijau hijau. Sampai akhirnya lihat ada produk kemasan susu edamame dan saat itu juga jadi jatuh cinta😍 yuk ah kita praktek langsung, caranya ternyata gampang banget.

  1. Kupas kacang edamame kemudian rendam dengan air matang selama kurang lebih 8 jam. Ini saya 250 gram kacang edamame kupas.
  2. Siapkan blender dan jus kacang edamame yang sudah direndam beserta air rendamannya.
  3. Blender sampai halus, tambahkan air jika dirasa kurang cair. Kemudian masak di panci panas, masukkan daun pandan sampai mendidih dan terus aduk selama 10 menit.
Buang busa sedikit demi sedikit

4. Jika sudah saring menggunakan saringan halus. Boleh dua kali penyaringan.

hasil penyaringan untuk 250 gram bisa 5 cangkir 200cc

5. Tambahkan brown sugar, dan minuman sari kacang edamame siap dinikmati. Atau ya sebut saja susu edamame 😉

Olah Lanjutan: Bahan Campuran Makanan

Membuat Minuman dari kacang edamame ternyata menyisakan ampas. Ampas ini sering kita sebut dengan ampas kacang. Kalau ampas kacang kedelai dijadikan tahu, ampas kacang edamame pun juga bisa dijadikan tahu. Tapi kali ini karena ampasnya sedikit, kita jadikan bahan campuran pembuatan fish roll.

Ampas saringan dari susu edamame
  1. Campurkan ikan filet dengan ampas edamame. Tambahkan bumbu sesuai selera, ketumbar, bawang putih, garam, lada. Tambah sayuran jisa wortel parut, parsley kering, dll.
  2. Bungkus dan gulung menggunakan kembang tahu yang tipis.
  3. Kemudian kukus. Dan fish roll siap dihidangkan.

Bisa dinikmati dalam bentuk hasil kukus, atau panggang, atau goreng dengan air fryer.

Ini hasil panggang

Gimana? Nikmatnya mengolah edamame dengan dua kali pengolahan dan dapat sajian dua menu berbeda. Asik bangeeettt!!! Dan sehat pastinya.

Yuk share pengalaman, ada yang sudah pernah coba atau mau coba? Silakan comment di bawah yaa👌

Tinggalkan komentar