Kamu Mahasiswa Biologi? Ada ide usaha apa aja ya?

Sudah masuk hampir 5 tahun sejak menjadi alumnus Biologi di Universitas Padjajaran. Jujur dulu pas jadi mahasiswa, sepenuhnya aku mengikuti layaknya arus air. Kadang bingung, kepikiran juga, nanti abis lulus mau ngapain, mau kerja dimana, iya kalau dapet kerjaan, kalau enggak brarti kan usaha cari duit sendiri. Kalau dagang, jualan apa? Kalau rintis usaha yang seperti apa? Ideologis sih ttp pengen yang harapannya stelah lulus, ilmu biologinya masih kepake, meski itu ga menjamin 100% persen sarjana bekerja searah dengan jurusan yang diambil ketika mahasiswa.

And here I am.

Aku menemukan apa yang kusukai di jurusan ku pas masuk semester 5. Itu juga kepancing karna ikut proyekan dosen dan alhamdulillah, aku ga terjerumus, alias ini adalah pilihanku yang tepat. Sampai masuk tingkat akhir, salah satu dosenku meyakinkan untuk memulai usaha, jujur waktu itu aku sama skali ga punya keinginan untuk terjuan di dunia wirausaha. Padahal aku juga udh memantapkan diri abis kuliah gamau kerja kantoran.

Lah terus abis lulus mau ngapain?

Ya gatau ngalir aja lah😅 udah itu aja yang aku pikirin. Sampai akhirnya Alloh membukakan jalanku. Skenario Alloh memang yang terbaik. Aku pun menikah. Dari menikah, aku berani melakukan banyak hal. Yg tadinya ga ada keinginan jadi beritikad kuat, dari yang semaunya jadi sungguh-sungguh. Yap, aku membuka wirausaha di bidang tanam menanam mencakup dengan pengolahan sampah kertas.

Nah, ngapain tuh?

Kalau teman-teman pernah tau produknya benihbunbun yaitu kertas daur ulang yang bisa ditanam dan menumbuhkan tanaman, itulah yang sekarang aku geluti. Alhamdulillah aku bahagia sekali karna aku kini meski sudah menikah, aku lulus pun melakukan kegiatan yang sangat erat dengan biologi. Bahkan setelah terjun di dunia wirausaha pun, ternyata ada buaaaanyyyyaaak sekali peluang wirausaha di bidang biologi.

Jadi adik-adik,teman-teman,jangan bingung dan takut. Ada kawanku yang jadi beauty blogger dengan edukasi sustainability product nya, seperti cosmetic free microbeads, atau edukasi workshop kompos, blogger dan vlogger, ahhh banyak banget deh.

Sharing bareng Himpunan Mahasiswa Biologi Unpad

Waktu itu aku diundang sama teman-teman ekskul kewirausahaan HIMBIO UNPAD. Dan setelah dibahas satu persatu secara detail memang peluang wirausaha di bidang biologi itu banyak banget. Kadang kita terpaku sama satu hal, kadang rmmaksakan diri untuk bekerja di sebuah perusahaan, kadang kita belum berani mencoba atau bahkan tidak yakin dengan diri sendiri.

Jadi, its okey its love. Buat temen-temen yang mau sharing sama aku, really aku bakal welcome banget, karna kita sesama alumnus biologi dan aku bangga dengan apa yang kupilih❤

Boleh kontak aku lewat profil instagramku di blog ini atau komen dibawah postingan ini. Terimakasih sudah mampir ke blogku 🙂

Tinggalkan komentar