ketika adzan berkumandang

ketika aku pulang dari kampus, aku sering mengamati sekitar. apapun itu. entah lingkungan atau perilaku manusianya. hingga aku melewati sebuah kos-kosan yang letaknya tepat disebelah masjid. kira-kira jaraknya 10 meter. tapi hal yang membuatku heran adalah suara musik yang menyaingi suara adzan. aku bingung. aku heran. seperti itukah kau menyambut datangnya adzan? bersikap acuh seakan kau tak mendengarnya? mendengarkan saja tidak, apalagi menjawabnya! bahkan menyainginya. bisa apa kamu dihadapan Rabbmu nanti?
miris sekali melihat sikap ummat saat ini. ketika dosen memanggil, kau langsung bergegas menghampirinya. namun ketika Rabbmu memanggil dengan adzan, apakah kau akan bergegas ke masjid?

Ohh inikah rasa sayangmu kepada DIA?
sadar wai kaum muslimin!

Rasulullah saw bersabda “Jika kalian mendengarkan adzan, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin” (HR Bukhari no 611, diriwayatkan dari Abu Said ra)

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw saat mendengar muadzin mengumandangkan adzan dia mengucapkan seperti apa yang diucapkannya, sehingga ketika muadzin mengucapkan Hayya ‘ala as-Shalah dan Hayya ‘alal-falah dia membaca La haula wala quwatta illa billah (HR Bukhari no 613, diriwayatkan dari Muawiyah ra).

Tinggalkan komentar