BTS_Pelatihan Pencitraan

31 Mei-1 Juni 2014
di Imah Noong

Kalau ditanya bagaimana perjalanan menuju imah noong, selalu banyak cerita. entah seberapa besar keriputnya menunggu damri. meronta kelaparan. memikirkan waktu sholat. naik turun angkot. perbedaan bayaran tiap angkot. macetnya kota bandung. penuhnya lembang. dan yang paling fatal ketika aku lupa membawa jaket. kenapa? ya karena sampai saat ini tubuhku belum bisa berkompromi dengan angin kota bandung. masuk angin. penyakit klasik

Action
usai membicarakan proposal, aku dan beberapa orang disana mulai mengamati benda langit. ya malam ini adalah anugerah. langit akhirnya menyambutku tanpa rasa malu.

Crux
crux
Rasi Crux- Bintang Langit selatan. biasa digunakan untuk penunjuk arah selatan. bentuk mirip layang-layang.
Menurutku rasi ini merupakan gambaran dari masa lalu. kini aku dan kamu yang telah tumbuh besar, ketika melihat rasi ini tergambar lucunya kehidupan saat masih kecil. bagaikan layang-layang yang menari begitu cantik. lugu nan polos.
(red. layang-layang)

Star trail_5s crux

crux startrail
bersama tebu yang bergoyang
Kamu bisa bilang bahwa startrail ini adalah bahan setengah jadi. yang biasanya menggunakan sekitar 100 frame, startrail ini hanya dengan 10 frame. getaran kaki dekat tripod, tanah yang sedikit lunak dan yang paling penting adalah pemotret yang masih awam.

Ekor Scorpio
ekor scorpio
Sebenarnya ini bermula dari aksi perburuan milkyway. dari optik terbagus yaitu mata, garis galaksi bimasakti terlihat cukup jelas. tapi entahlah. ketika pencitraan dimainkan, ternyata settingan kamera yang kubuat adalah monochrome. baiklah, dapat melihat ekor scorpio saja sudah cukup.

Kalau kata admin Backyard StarCamp
rasi scorpio bisa ada disana dari hadits ini,
‘Aisyah, beliau Radhiyallahu‘anha mengatakan bahwasannya Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فِىالْحَرَمِ الْفَأْرَةُ ، وَالْعَقْرَبُ ، وَالْحُدَيَّا ، وَالْغُرَابُ ،وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ (أخرجه البخاري و مسلم)
“Lima hewan fasiq (pengganggu) yang hendaknya dibunuh walaupun ditanah haram, yaitu: tikus,kalajengking, burung elang, burung gagak, dan anjing galak” (HR.Bukhori, Muslim)

blue planetary
kalau ini bisa dibilang hadiah. asal mengarahkan kamera. jepret dan ternyata, wew!

m17 rawr red

m 17
perburuan nebula M17 berakhir cukup mengenaskan. karena dua foto ini adalah hasil efek samping dari settingan camera monochrome.

vega
kalau ini sebagai percobaan awal untuk allignment dalam menemukan titik fokus sebelum melakukan pemotretan benda langit yang menggunakan teleskop.

Baiklah sekian.
Terimakasih kepada Imah Noong’s Family.
Insyaalloh berkah.
Salam menebar manfaat!

Tinggalkan komentar