Transformasi global versi CICAK

by azifah an'amillah

Cicak cicak di dinding
Diam diam merayap
Datang seekor nyamuk
hap!
Lalu ditangkap…

lagu ciptaan AT.Machmud ini benar-benar telah mengajari kita tentang kehidupan seekor cicak. merayap di dinding dan suka sekali dengan nyamuk. bahkan cicak ini selalu menarik perhatian anak kecil. Para orang tua mengerti betul bahwa ketika anaknya melihat dinding pasti sedang menanti kedatangan cicak.

Kini aku telah tumbuh besar.aku yang dulu dinyanyikan lagu tersebut, sekarang kunyanyikan ulang untuk adik-adik kecil. Suatu hari aku sedang menonton televisi di ruang tamu rumah yang kini aku tinggali. ketika sedang asik menonton tiba-tiba ada sesuatu yang menarik perhatianku. apa itu? ya sesekor cicak. mungkin ketika kau tahu, kau akan beranggapan bahwa ini biasa saja. tapi ada sesuatu yang membuatku terheran-heran. aku mulai tersadar kini keabsahan lagu tersebut sudah terpatahkan. kenapa?
cicak itu tak lagi memakan nyamuk. tapi seekor kecoa. kupikir makanan cicak hanya sebatas hewan-hewan terbang yang suka dengan lampu namun ternyata tidak. kecoa pun sudah menjadi mangsanya.
aku mulai berpikir. apakah cicak juga sudah mengikuti perkembangan zaman? mengikuti transformasi global?
-CICAK MAKAN KECOA-

TRANFORMASI GLOBAL.
Berubahnya zaman memberikan pengaruh yang sangat besar. Kemajuan teknologi hampir tidak dapat dikendalikan. setiap orang berpikir untuk instan. Teknologi mengalahkan semuanya. inilah hal yang sangat mengerikan. tranformasi global yang dicover dengan kemajuan teknologi, merubah perilaku manusia. percaya atau tidak, emosi yang berubah-ubah juga merupakan salah satu akibat dari teknologi.
Sama seperti budaya. teknologi juga membunuhnya. budaya indah yang perlu dilestarikan kini mulai terkikis. bahkan anak zaman sekarang sudah hampir tak peduli akan pentingnya budaya. ya transformasi global.

makanan yang sehat dan natural sudah tergantikan dengan makanan-makanan pembunuh. berbagai zat kimia yang mebahayakan tetap saja dicampurkan dalam adonan untuk dikonsumsi. ya transformasi global.

melihat dari sudut negeri tercinta kita. indonesia. pengaruh dari transformasi global telah mengubah pola pikiran masyarakatnya. hampir semua masyarakat selalu berpikir untuk ikut-ikutan. katanya si agar tidak ketinggalan zaman. modern. sedikit yang berpikir untuk menjadi transatter. menghumbar-humbar kepribadian, pakaian yang terbuka, mempercantik diri dengan operasi plastik, dan masih banyak lagi. masyarakat yang bersimbol ‘kalem’ sudah mulai pudar. bangga dengan kecantikannya hingga terus dipamerkan dikhalayak umum. ya transformasi global.

jadi cicak juga mengikutinya?
cicak juga ingin terkesan modern dengan mengikuti transformasi global?
ohh begitu!
ya transformasi global.

@D2 14.50 +UT
bersama hembusan angin