Difusi Osmosis dan Fotosintesis

by Azifah an amillah

@lab ajar 206
8 Oktober 2012

Difusi adalah kecenderungan dari partikel untuk menyebar secara spontan dari cairan yang berkonsentrasi tinggi(pekat) ke cairan yang berkonsentrasi rendah(encer). Proses ini tidak memerlukan energi, karena pada proses difusi ini yang berpindah adalah molekul. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan konsentrasi molekul dalam suatu cairan. Difusi berlangsung melewati suatu membran dan berlangsung pasif sehingga disebut transpor pasif.

Osmosis adalah perpindahan air dari cairan yang berkonsentrasi rendah(encer) ke dalam cairan yang berkonsentrasi tinggi(pekat).

Untuk pengertian dari LISIS KRENASI Ppada tumbuhan dan TURGOR PLASMOLISIS pada tumbuhan, bisa dipahami lewat gambar di bawah ini.

TRANSPOR AKTIF

transpor ion atau molekul atau senyawa yang memerlukan energi untuk melalui membran plasma sumber energi yang di pakai yaitu ATP, membutuhkan protein pembawa , melawan gradien konsentrasi, melibatkan tiga jenis protein pembawa yaitu unipor, simpor dan antipor.

TRANSPOR PASIF

taranspor ion molekulnya tidak memerlukan energi untuk menenbus atau melewati membran plasma, perpindahan molekul terjadi secara spontan, perpindahan molekul dari yang berkonsentrasi tinggi ke berkonsentrasi rendah,seperti osmosis, difusi .

Nah pada praktikum hari ini, kita akan mengamati tekanan turgor pada kentang.

Ukuran kentang sebelum percobaan:
p= 2 cm ; l= 1 cm ; tinggi= 1 cm

Ukuran kentang setelah percobaan:
Air, p= 2.04 cm ; l= 1,05 cm ; t= 1.03 cm
NaCl, p= 1.8 cm ; l= 0.8 cm ; t= 0.9 cm

Kenapa bisa seperti itu?
Pada potongan kentang yang dimasukkan dalam air, maka kentang berstatus hipertonik karena air berstatus hipotonik. Sehingga, air(larutan) berpindah masuk ke dalam kentang (hipotonik ke hipertonik). Oleh sebab itu, ketang mengembang dan ukurannya pun bertambah.
Sedangkan kentang yang dimasukkan kedalam NaCl, kentang berstatus hipotonik karena Nacl(larutan) berstatus hipertonik. Sehingga, air pada kentang berpindah keluar(ke larutan NaCl). Oleh sebab itu, kentang menyusut dan ukurannya pun berkurang.

Plasmolisis pada epidermis daun Rhoeo discolor
perbesaran 400x
Hasil pengamatan dari sel epidermis daun adam dan eva yang diberi Nacl 2% pada preparat.

*sebelum perlakuan
Plasmolisis pada epidermis daun Rhoeo discolor sebelum perlakuan

*setelah perlakuan
Plasmolisis pada epidermis daun Rhoeo discolor setelah perlakuan

Mengapa bisa terjadi? Apakah ini yang disebut plasmolisis?
Pengamatan ini adalah contoh plasmolisis. Hal ini bisa terjadi karena NaCl 2% adalah larutan hipertonik dan sel epidermis Rhoeo discolor bersifat hipotonik. Sehingga, cairan sitoplasma pada daun berpindah keluar(ke larutan NaCl 2 %). Oleh sebab itu, pigmen antosianin pada sel terlihat memudar.

FOTOSINTESIS
Mengapa jumlah gelembung Oksigen yang berada di sinar matahari lebih banyak dibanding pada cahaya lampu?
Karena intensitas sinar matahari lebih kuat dan panjang gelombang matahari lebih efektif untuk laju fotosintesis.

Reaksi fotosintesis
6CO2 + 6H2O ———– C6H12O6 + 6O2

About these ads